Minggu, 26 Februari 2012

contoh format proposal pkn




PROPOSAL


PRAKTEK KERJA NYATA (PKN)

PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI UNIT PEMBANGKITAN BRANTAS





















Disusun Oleh :


BAUSI (09530088)

MUJAHID AMRAN (09530087)

ACHMAD CR (09530103)





JURUSAN ELEKTRO


FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

2011





LEMBAR PENGESAHAN




PROPOSAL


PRAKTEK KERJA NYATA (PKN)

PRAKTEK KERJA NYATA (PKN)

PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI

UNIT PEMBANGKITAN BRANTAS











Malang, 22 November 2011







Mengetahui


Ketua Jurusan Teknik Elektro

Univ. Muhammadiyah Malang Koordinator Kelompok











Ir. NUR KASAN, MT BAUSI


NIP. 10892100286 NIM.09530088









PROPOSAL


PRAKTEK KERJA NYATA (PKN)



I. PENDAHULUAN


Mahasiswa sebagai salah satu unsur masyarakat akademis di lingkungan Perguruan Tinggi dituntut untuk mampu mengembangkan cita-cita Tri Dharma Perguruan Tinggi.Tanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita tersebut, merupakan suatu proses berkesinambungan dalam upaya penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas.

Proses interaksi mahasiswa dengan lingkungan di luar kampus, dapat dijadikan sebagai sarana transformasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi kedua bela pihak. Disamping itu, dapat dijadikan sebagai modal bagi mahasiswa dalam upaya memperluas wawasan dan melatih ketrampilan diri. Oleh karena itu,perlu kiranya nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam suatu bentuk kegiatan yang terstruktur, bermanfaat dan berkesinambungan.



Modal Akademis di Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang adalah elektro yang dispesifikasikan dalam bidang keahlian Sistem Telekomunikasi, Sistem Tenaga Listrik, Elektronika, Komputer, Elektronika untuk Medika dan Elektronika untuk Sistem Kontrol Industri. Berangkat dari latar belakang tersebut, kami lebih menitik beratkan pada bidang kontrol dan kelistrikan, karena kami mempunyai tanggapan bahwa setiap perusahaan baik pemerintah maupun swasta, tidak lepas dari penggunaan sistem tersebut dalam pengoperasian perangkat instrumentasi yang ada.

LATAR BELAKANG

Program Keahlian teknik elektro merupakan salah satu lembaga pendidikan profesi yang secara umum dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya yang siap pakai dan ahli dalam bidang tertentu. Dengan melihat perkembangan yang telah ada, fakultas teknik elektro berusaha untuk menyiapkan tenaga yang siap pakai dalam berbagai bidang yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan masyarakat, diantaranya fakultas teknik elektro telah membuka bidang keahlian Teknik Sistem Telekomunikasi, Sistem Tenaga Listrik, Elektronika .yang dalam pelaksanaannya mempunyai tujuan khusus sesuai bidangnya masing-masing.

Dalam dunia industri sering dijumpai seorang lulusan baru sebuah perguruan tinggi mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan di lapangan. Hal ini disebabkan kurang siapnya lulusan tersebut dengan kenyataan di lapangan yang ternyata jauh berbeda dengan apa yang dialami dibangku kuliah.

Menyadari hal tersebut, kami selaku mahasiswa tentu tidak menginginkan hal ini terjadi.Untuk itu kami bermaksud mengenal lapangan sebelum terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya. Praktek Kerja nyata (PKN) adalah alternatif yang kami pilih untuk memenuhi maksud tersebut. Kami mengharapkan dengan Praktek Kerja Lapangan ini dapat menambah pengetahuan tentang dunia kerja yang sebenarnya dan mencoba menerapkannya.



B. MAMFAAT


Bagi Mahasiswa

a. Dapat mengenal lebih jauh realita ilmu yang telah diterima di bangku kuliah melalui kenyataan yang ada di lapangan.

b. Dapat menguji kemampuan pribadi dalam berkreasi pada bidang ilmu yang dimiliki serta dalam tatacara hubungan masyarakat di lingkungan kerja.

c. Memperdalam dan meningkatkan ketrampilan serta kreatifitas diri dalam lingkungan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya

d. Dapat menyiapkan langkah-langkah yang di perlukan untuk menyesuaikan diri di lingkungan kerjanya di masa mendatang.

e. Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman selaku generasi yang dididik untuk siap terjun langsung di masyarakat khususnya di lingkungan kerja.



Bagi Instansi Yang Tempati PKN


Merupakan sarana penghubung antara instansi dan lembaga pendidikan tinggi.











II. SEJARAH PERUSAHAAN


PT Pembangkitan Jawa-Bali (disingkat PT PJB) adalah sebuah anak perusahaan PLN BUMN produsen listrik yang menyuplai kebutuhan listrik di Jawa Timur dan Bali. Saat ini PT PJB mengelola 6 Pembangkit Tenaga Listrik di Pulau Jawa, dengan kapasitas total 6.511 Mega Watt. PT PJB juga mengelola sejumlah unit bisnis, termasuk unit pengelolaan, teknologi informasi, dan pengembangan. Kantor pusat PT PJB berada di Surabaya.

Sejarah PJB bermula sejak tahun 1945, dimana didirikan Perusahaan Listrik dan Gas. Tahun 1965, perusahaan tersebut dibagi menjadi 2: Perusahaan Listrik Negara dan Perusahaan Gas Negara. Tahun 1972, status PLN menjadi Perusahaan umum (Perum). Tahun 1982, PLN dipecah lagi menjadi dua: Unit Divisi dan Unit Pembangkitan Tenaga Listrik dan Transmisi. Tahun 1994, status PLN menjadi Persero. Setahun kemudian, dilakukan restrukturisasi atas PT PLN (Persero) dengan pendirian subsider pembangkitan. Restrukturisasi ini dilakukan untuk memisahkan misi perusahaan atas sosial dan komersial.

Pada tanggal 3 Oktober 1995, PT PLN (Persero) membentuk 2 (dua) anak perusahaan untuk mengelola pembangkit listrik yang memasok energi listrik di Pulau Jawa dan Bali. Kedua anak perusahaan PLN tersebut adalah PT PLN Pembangitan Jawa Bali I (PT PLN PJB I) yang berkantor pusat di Jakarta dan PT PLN Pembangkitan Jawa Bali II (PT PLN PJB II) yang berkantor pusat di Surabaya. Pada tahun 2000, PT PLN PJB II diubah nama menjadi PT Pembangkitan Jawa-Bali atau singkatnya PT PJB. Sedangkan PT PLN Pembangitan Jawa Bali I (PT PLN PJB I) berubah nama menjadi PT Indonesia Power.

PT PJB mengelola berbagai jenis pembangkit tenaga listrik dengan total kapasitas 6.519 MW yang berlokasi di 6 tempat, yaitu PLTU & PLTGU Gresik (Kabupaten Gresik) dengan kapasitas 2.218 MW, PLTU & PLTGU Muara Karang (Jakarta Utara) dengan kapasitas 1.208 MW, PLTU Paiton (Paiton, Probolinggo) dengan kapasitas 800 MW, PLTGU Muara Tawar (Tarumajaya, Bekasi) dengan kapasitas 920 MW, PLTA Cirata (Tegalwaru, Purwakarta) dengan kapasitas 1.008 MW, dan PLTA Brantas (Sumberpucung, Malang) dengan kapasitas 274 MW.

PT PJB melaksanakan kegiatan usaha antara lain; sebagai penyediaan tenaga listrik yang ekonomis, bermutu tinggi dan andal, melaksanakan pembangunan dan pemasangan pembangkit, pemeliharaan dan pengoperasian pembangkit, serta usaha-usaha lain yang berkaitan dengan kegiatan perseroan dalam rangka memanfaatkan secara maksimal potensi yang dimiliki

Dalam menjalankan bisnisnya, PT PJB menerapkan kaidah-kaidah internasional yang didasarkan pada tiga pilar strategis yaitu asset management sebagai core competence perusahaan (organization capital), sistem manajemen SDM (human capital), dan teknologi informasi sebagai business enabler (information capital readiness). Tiga pilar strategis itu dijabarkan dalam 10 sistem manajemen best practice yang antara lain: Manajemen Asset, Manajemen Risiko, Manajemen Mutu ISO 9000, Manajemen Lingkungan ISO 14000 dan K3 OHSAS 18000, Manajemen Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Teknologi Informasi, Knowledge Management, Manajemen SDM Berbasis Kompetensi, Manajemen Baldrige dan Manajemen House Keeping 5S.





III. MAKSUD DAN TUJUAN



Mengetahui tentang Sistem Tenaga & Distribusi Listrik di PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) Malang .Mempelajari, mengkaji dan menganalisa objek di lapangan, yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang telah diperoleh pada perkuliahan dan referensi.


2. terwujudnya tenaga praktis yang terampil ,kreatif dan jujur dalam melaksanaan

tugas dan tanggung jawab di masa mendatang.

Disamping itu juga dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan

ketrampilan mahasiswa yang bersangkutan dalam bidang yang ditekuni.

3 Kegiatan Praktek Kerja nyata ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat terwujudnya tenaga praktis yang terampil ,kreatif dan jujur dalam melaksanaan tugas dan tanggung jawab di masa mendatang.

4 Disamping itu juga dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa yang bersangkutan dalam bidang yang ditekuni, dalam hal ini bidang Teknik elektro



IV NAMA KEGIATAN


Nama kegiatan ini adalah Praktek Kerja Nyata (PKN) Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang.



V METODE


Dalam Praktek Kerja ini kami menggunakan metode antara lain :

a. Mahasiswa peserta Praktek Kerja Nyata sanggup memenuhi segala peraturan yang ada.

b. Bidang Praktek Kerja Lapangan yang diambil sesuai dengan ketentuan dan kebijaksanaan dari instansi yang bersangkutan.
VI BIDANG KERJA PRAKTEK

Kerja praktek kami di PT. Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Brantas akan difokuskan dalam bidang teknik yang meliputi :

Ø Sistem Kerja Mesin-mesin listrik

Ø Sistem Pendistribusian Listrik

Ø Sistem Pembangkit Listrik

Ø Sistem Instalasi Listrik

Dengan mata kuliah pendukung :

1. Instalasi Listrik

2. Rangkaian Listrik

3. Mesin-Mesin Listrik

4. Konversi Energi Listrik

VII WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Waktu : Praktek Kerja Nyata dilaksanakan pada tanggal 30 Januari – 26 Februari 2012, yang diperkirakan kurang lebih selama satu bulan.

Tempat : PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI UNIT PEMBANGKITAN BRANTAS ,MALANG





VIII RENCANA JADWAL KEGIATAN





No.




Kegiatan


MINGGU KE

Pasca kerja

paraktek


I


II

III

IV


1.


Pengenalan PT.PJB Unit Pembangkitan Brantas,Malang












2.


Study Literature












3.


Konsultasi












4.


Pengambilan data di lapangan












5.


Penyusunan laporan










6.


Penyerahan laporan














Jadwal kegiatan dapat berubah, menyesuaikan dengan program dari PT. PJB Unit Pembangkitan Brantas ,Malang yang bersangkutan.










IX PESERTA


Peserta Praktek Kerja Nyata sebanyak 3 (Tiga) mahasiswa Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang, yaitu :
Nama : Bausi

NIM : 09530088
Nama : Mujahid Amran

NIM : 09530087
Nama : Achmad CR

NIM : 09530103



X PENUTUP


PKN yang kami laksanakan ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus dipenuhi dalam Program Instalasi Listrik,rangkaian listrik,mesin – mesin listrik dan konversi energi listrik. Bidang Keahlian Teknik elektro dengan maksud agar mahasiswa dapat mengaplikasikan materi-materi yang didapat di bangku kuliah sesuai dengan kemampuannya.

Besar harapan,semoga pihak Instansi dapat membantu dan memberikan tempat yang dapat kami pergunakan untuk kelancaran kegiatan PKN. Kami juga berharap Instansi berkenan memberikan bimbingan bagi mahasiswa pelaksana PKN ini.

Kami akan berusaha untuk dapat melaksanakan PKN ini sesuai aturan yang berlaku di Instansi ini dengan sebaik-baiknya,

sehingga ada suatu keuntungan timbal balik antara kami dengan Instansi serta Instansi dapat memanfaatkan tenaga kami sebatas kemampuan yang kami miliki.









































Alamat yang bisa dihubungi :








Jurusan Tenik Elektro


Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Malang

Jl. Raya Tlogomas No.246 Telp.(0341)464318,464319

Fax.(0341)460435,460782

Malang 65144

www.umm.ac.id


Koordinator Peserta

/Pemohon PKN :





MUJAHID AMRAN


085270076999





























Daftar Riwayat Hidup Mahasiswa Pengaju Proposal












Nama Lengkap


:

BAUSI


Tempat dan Tanggal Lahir


:

SUMENEP, 7 agustus 1990


Jenis Kelamin


:

Laki-laki


Agama


:

Islam


Alamat Asal


:

Dsn tembing Ds sapeken RT. 01 RW. 01 kab sumenep


Alamat di Malang


:

MSI Blok F17,Dau,Malang









1996 – 2002


:

SDN IV SEPANJANG


2002 – 2005


:

SMPN III SAPEKEN


2005 – 2008


:

SMKN I KALIANGET


2009 – Sekarang


:

S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang









2010-2011


:

Himpunan Mahasiswa Jurusan Elektro


2009-sekarang


2009-sekarang



:


:

IMM (ikatan mahasiswa muhammadiah)

HIMAS(himpunan mahasiwa sapeken)









2009




2009






:




:






Pelatihan Aplikasi Internet Terpadu di Universitas Muhammadiyah Malang


Pelatihan Line Follower












































Nama Lengkap


:

ACHMAD CHOILILUR ROHMAN


Tempat dan Tanggal Lahir


:

SURABAYA,16 MARET 1991


Jenis Kelamin


:

LAKI - LAKI


Agama


:

Islam


Alamat Asal


:

Jl.Sidodadi 5/5 RT.01 RW.05


Alamat di Malang


:

Perum.MSI( muara sarana indah )blok F 17 DAU MALANG









1997 – 2003


:

SDN Sidodadi II Surabaya




2003 – 2006


:

SLTP YP TRISILA Surabaya




2006 – 2009


:

SMA Barunawati Surabaya




2009 – Sekarang


:

S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang










2007-2008 : Anggota SKI SMA Barunawati Surabaya


2010-2011 : HMJ Teknik Elektro UMM

2011-sekarang : Taekwondo UMM














2009




2009


:



:


Pelatihan Aplikasi Internet Terpadu di Universitas Muhammadiyah Malang

Pelatihan Line Follower





































1997 – 2003 : SD Swasta Iskandar Muda Kotakulon 1,Bondowoso



2003 – 2006 : SLTP Swasta Iskandar Muda



2006 – 2009 : SMA Negeri 1 Lhokseumawe



2009 – Sekarang : S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik,


Universitas Muhammadiyah Malang






























Nama Lengkap


:

MUJAHID AMRAN


Tempat dan Tanggal Lahir




:




Kutacane, 12 Juni 1991



Jenis Kelamin


:

Laki-laki


Agama


:

Islam


Alamat Asal


:

Jl. Louser no. 64 Komplek PIM Kec. Dewantara

Kab. Lhokseumawe( Nanggroe Aceh Darussalam)




Alamat di Malang

:

Jl. Mertojoyo Selatan no. 4 Kec. Merjosari

Kab. Malang


















2010-2011


2011-2012

:

:

Himpunan Mahasiswa Jurusan Elektro

Senator Mahasiswa Fakultas Teknik


















2009




2009


2010

:



:


:

Pelatihan Aplikasi Internet Terpadu di Universitas Muhammadiyah Malang

Pelatihan Line Follower

Diklat Manajemen Organisasi














Tidak ada komentar:

Posting Komentar